DESAIN DAN PERANCANGAN ALAT UKUR ALIRAN AIR MENGGUNAKAN METODA TABUNG PITOT

ABSTRAK

Alat ukur aliran air sangat diperlukan sekali terutama dalam bidang mikro hidro untuk kajian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Alat ukur aliran air sangat penting peranannya karna untuk mengukur kecepatan suatu aliran air, sehingga dapat diketahui debit air yang akan digunakan untuk keperluan pembangkit listrik.

Tabung Pitot Merupakan suatu alat yang bisa digunakan untuik mengukur aliran fluida, tabung pitot biasanya digunakan untuk mengukur fluida gas. Dalam penelitian ini mencoba mendesain Tabung Pitot yang sederhana dan bisa digunakan untuk mengukur aliran air. Pada tabung pitot digunakan 2 pipa untuk menentukan tekanan statik dan dinamik dari aliran, sehingga dapat diketahui beda tinggi tekanan statik dan dinamik dari aliran. Pada keadaan air diam tekanan statik dan dinamik akan setimbang.

Dari desain yang dilakukan, tekanan statik dan dinamik setimbang ketika dilakukan pengujian pada air diam. Dengan demikian Tabung Pitot bisa digunakan untuk mengukur kecepatan aliran air. Untuk mengukur kecepatan air dengan tabung pitot yang menggunakan skala pembacaan manometer digunakan persamaan hirostatik dan bernoulli. Dengan persamaan tersebut maka didapat konversi beda tinggi manometer dalam pembacaan aliran dengan Tabung Pitot.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Foot Cursors at www.totallyfreecursors.com